Animated Dragonica Star Glove Pointer

Blogroll

Minggu, 25 Maret 2018

Alat Komunikasi Tradisional Beserta Kelebihan dan Kekurangan


1.Merpati Pos


Hewan yang bernama burung merpati mempunyai jasa kepada orang dulu. Bahwa untuk menyampaikan pesan jarak jauh banyak orang dulu menggunakan burung merpati sebagai alat komunikasi. Maka ada istilah merpati pos adalah untuk menjelaskan bahwa burung merpati berperan sebagai pengganti pak pos pengirim surat sebelum pas pos ada.Keunggulan dari burung merpati tidak hanya dipelihara sebagai satwa kesayangan, burung ini juga telah dimanfaatkan untuk menghasilkan daging, hias, balap dan bahkan untuk keperluan komunikasi (burung merpati pos). Merpati pos memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan antara lain;


       KELEBIHAN

1.       Selain menjadi alat komunikasi darurat kalau kebutuhan komunikasi tidak  bisa  dilakukan oleh kurir (penyampai pesan) atau radio panggil, juga murah.

2.       Merpati pos tidak mengenal masalah teknis seperti pada alat komunikasi masa    kini.


           KEKURANGAN

1.       Membutuhkan waktu yang cukup lama

2.       Komunikasi tidak bisa timbal balik pada saat yang bersamaan.

3.       Bergantung pada kondisi fisik merpati pos,

4.      Beresiko dibunuh, berarti pesan kita tidak bisa tersampaikan pada pihak                 yang dituju.

2. Telepon Kaleng

Kaleng yang di hubungkan dengan benang dan bisa mendegar suara orang dengan jarak tertentu menjadi alat komunikasi tradisional juga. Namun jarak yang di gunakan untuk berkomunikasi dengan alat tradisonal ini tidak begitu jauh jaraknya, paling sekitar 5 sampai 10 meter.


        KELEBIHAN

   1. Dapat Menghemat biaya

   2. Digunakan untuk alat komunikasi jarak dekat

   3. Bahan yang digunakan murah,sederhana dan terjangkau


         KEKURANGAN

  1. Hanya dapat berkomunikasi jarak dekat 

  2. Terkadang suara yang dihasilkan kurang jelas


3.Telegraf

Telegraf merupakan sebuah mesin/alat yang menggunakan teknologi telegrafi untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh,biasanya menggunakan morse sebagai kode komunikasi.Alat tersebut walau cara kerjanya menggunakan listrik, tapi masih termasuk dalam daftar alat komunikasi tradisional.

KELEBIHAN : Tidak berpengaruh pada cuaca, dan tidak bisa di sadap
KEKURANGAN : Harus mengetahui bahasa sandi telegraf, tidak praktis, memakan   waktu yang lama  dan ketinggalan jaman

4.Kentongan
Kentongan sebagai alat komunikasi yang ada di masyarakat. Biasanya di gunakan untuk mengumunkan suatu berita atau peristiwa yang terjadi. Para penjaga malam sering menggunakan kentongan sebagai meda komunikasi ketika ada maling. Sehingga mendengar suara yang di keluarkan dari kentongan itu membuat masyarakat keluar rumah untuk mencari tahu apa yang sedang terjadi.

KELEBIHAN
1. Cara membuat dan bahan pembuatan mudah didapatkan, bisa dari bambu    atau kayu.
2.Tidak memerlukan perawatan atau perlakuan khusus.
KEKURANGAN
1. Jangkauan suara yang terbilang sempit membuat kentongan sulit menjadi alat komunikasi massa yang utama.
2. Komunikasi yang dibangun hanya berupa suara-suara sehingga pesan yang    hendak disampaikan berpotensi tidak dipahami.
3. Isyarat terbatas.

5. Daun Lontar Dari Sebuah Pohon

Daun lontar adalah media atau sarana dalam menulis surat atau pesan kepada orang lain. Kertas belum ada, sehingga daun menjadi pilihan orang zaman dulu untuk menyampaikan pesan. Selain itu, Para raja zaman dulu, menggunakan daun lontar untuk menulis maklumat atau pengumuman kepada rakyatnya.

1.       Keunggulan : Mudah didapat ,tdk mudah sobek
2.       Kelemahan   : Muatan untuk menulis sangat sedikit kalau ingin menulis banyak harus banyak juga daun lontarnya dari pohon siwalan (pohon lontar) 




0 komentar:

Posting Komentar