1. Google
Website : www.google.com
Selain pencarian web, Google
juga menyediakan jasa pencarian gambar, pencarian berita serta pencarian pada
arsip USENET (newsgroup), serta direktori, seperti Yahoo! Kelemahannya terletak
pada tidak tersedianya pencarian file, video, dan audio. Keunggulan Google
terutama adalah pada pencarian teks, terutama dari algoritma PageRank,
database-nya yang besar serta banyaknya jenis file yang diindeksnya.
Kelebihan
1. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
2. lebih canggih dengan fitur yang
dimilikinya.
3. Tampilan yang sederhana.
4. Google merupakan satu-satunya mesin
pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat
waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
5. Dapat mencari segala informasi seperti
gambar, berita artikel, hiburan dll.
Kekurangan
1. Dengan kelebihan yang dimilikinya,
ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan
iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada
pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman
terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.
Sejarah : Google didirikan oleh Larry
Page dan Sergey Brin saat masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford. Mereka
berdua memegang 16 persen saham perusahaan. Mereka menjadikan Google perusahaan
swasta pada tanggal 4 September 1998. Pernyataan misinya adalah
"mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat
oleh semua orang", dan slogan tidak resminya adalah "Don't be
evil".Pada tahun 2006, kantor pusat Google pindah ke Mountain View,
California.
2. Yahoo!
Website: www.yahoo.com
Penjelasan : Salah satu portal terbesar
di Internet, selain MSN., dan juga salah satu mesin pencaru tertua. Halaman
utamanya sendiri tidak terlalu ramah untuk pencarian, tetapi Yahoo! menyediakan
search.yahoo.com untuk itu. Yahoo! menggunakan jasa Google untuk mencari
informasi di web, ditambah dengan informasi dari databasenya sendiri. Kelebihan
Yahoo! adalah direktorinya. Yahoo! juga menyediakan pencarian yellow pages dan
peta, yang masih terbatas pada Amerika Serikat. Yahoo juga menyediakan
pencarian gambar.
berikut ini kelebihan dan kekurangannya yang lebih jelas :
Kelebihan:
1. carta surat menyurat modern untuk
membuat orang menjadi lebih maju
2. salah satu web yang menyediakan
layanan fasilitas gratis
3. salah satunyapun yang anda bilang,
bila di refresh cepat
4. banyak fasilitas yang disediakan,
seperti: Y!A Y!A Y! mail Y! 360 dan lain2
5. sudah ada di banyak negara
Kekurangan:
1. Satu id yahoo hanya untuk yahoo, tak
bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn
2. Teralu mudah untuk membuat id,
sehingga kadang-kadang disalah gunakan
3. Fitur Y!M msh sangat kalah jauh dengan
IM keluaran windows
4. Skin untuk Y!M msh sangatlah simple,
tak seperti IM yang ada cukup banyak
Sejarah : Yahoo! pada awalnya hanyalah
semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April
1994, saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika
profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar. Dua mahasiswa teknik
tersebut hanya mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain
menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi
sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek.
Kemudian mereka berpikir untuk memasukannya di web, dan mulai bekerja membuat
sebuah program database untuk menanganinya sehingga dapat memberikan hasil
secara online.
3. MSN
Website: http://search.msn.com
Penjelasan : Mesin pencari dari Microsoft
Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari direktori.
Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin
pencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga
populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news.
Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan,
rumah.
Kelebihan
1. mampu mencari video, musik, gambar,
dan beragam format file spesial.
Kekurangan
1. pencarian. Dibutuhkan waktu yang lama
sampai hasil ditampilkan di halaman MSN.
2. Pengguna juga sulit membedakan antara
iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya. Penampilan iklan hanya
dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya.
Sejarah: MSN pada awalnya dikuasai oleh
Yahoo! dan mereka berniat untuk mempunyai pencarian produk tersebut pada tahun
2004 dan telah menyebarkan beberapa dokumen penelitian ini tidak pasti jika
tidak akan dibantu oleh algoritma.
4. AltaVista
Website :
www.altavista.com
Penjelasan : Satu saat, AltaVista pernah
menjadi mesin pencari terbesar. Saat ini, selain Alltheweb, Altavista juga
menawarkan pencarian audio dan video. Keunggulan AltaVista adalah pilihan
pencarian yang paling lengkap di antara semua mesin pencari.
Kelebihan
1. keunggulan dalam hal pencarian halaman
web, video, gambar, MP3, dan file audio lainnya. Dalam pencarian berita pun
Altavista mampu mencari berita teraktual.
2. Altavista mampu menetapkan berapa umur
maksimal yang akan ditampilkan.
Kekurangan
1. Dalam hal pencarian data yang kurang
bagus. Sering kali mesin pencari ini menampilkan hasil yang sama sekali tidak
ada kaitannya dengan tema yang dicari.
Sejarah : SEJARAH ALTAVISTA
AltaVista diciptakan oleh para peneliti
di Digital Equipment Corporation 's Western Research Laboratory yang mencoba
untuk memberikan layanan untuk membuat file penemuan tentang jaringan publik
lebih mudah. Walaupun ada beberapa perselisihan tentang siapa yang bertanggung
jawab atas ide asli,dua peserta kunci Louis Monier , yang menulis crawler , dan
Michael Burrows , yang menulis pengindeks . Nama AltaVista dipilih dalam
kaitannya dengan lingkungan perusahaan mereka di Palo Alto. AltaVista adalah
publik diluncurkan sebagai mesin pencari internet pada tanggal 15 Desember 1995
di altavista.digital.com.
5. Lycos
Website : http://www.lycos.com
Penjelasan : Salah satu mesin pencari
tertua. Saat ini Lycos lebih dikenal sebagai portal, sehingga fungsi pencarinya
tidak terlalu menonjol. Lycos, selain mendukung pencarian web, juga menyediakan
pencarian file MP3, dan video pada http://multimedia.lycos.com.
* Kelebihan
1. Lycos mampu mencari data dengan cepat
dan ini merupakan kelebihannya.
2. Dalam hal pencarian cepat.
3. Lycos menyediakan fungsi “Fun Search”
yang lebih diperuntukkan bagi kalangan remaja. Ini sangat membantu bagi
kalangan yang membutuhkan gosip dan lagu terbaru dari para selebritis pujaan.
4. Lycos juga menampilkan 50 pencarian
terbesar di halaman depannya.
* Kekurangan
1. Untuk mencari berita-berita aktualnya,
pengguna harus masuk ke bagian site map karena berita-berita tersebut tidak
ditampilkan di halaman depan.
2. Sering tidak spesifik karena datanya
kebanyakan masih mengambil data dari mesin pencari Alltheweb yang tergolong
paling lamban dalam pencarian data
Sejarah : Proyek Lycos diperkenalkan
pertama kali oleh Michael Loren Mauldin dari Universitas Carnegie Mellon di
Amerika Serikat pada tahun 1994, yang kemudian berubah menjadi suatu
perusahaan. Kemudian pada tahun 1995, Bob Davis bergabung dan menjadi CEO dari
perusahaan Lycos ini.
6. Bing
Website : www.bing.com
Penjelasan : Bing merupakan mesin pencari
web milik Microsoft yang launching pada 1 juni 2009. Sebelumnya layanan ini
dikenal dengan nama MSN search dan Windows Live seacrh dan Live Search yang
sudah ada sejak 1998. Saat ini Bing sudah digunakan sekitar 9.5 % pengguna
internet sebagai mesin penjari. Bing memiliiki tampilan dengan latar
pemandangan yang selalu berubah-ubah.
Kelebihan :
1.
Mempunyai fasilitas instant answer.
2.
Hasil pencarian image atau video dapat ditampilkan dan disaring secara
detail
3.
Kotak detail pada link hasil pencarian.
4.
Bing.com ini mesin pencari yang sangat complet, semua yang Anda cari
pasti ada.
5.
Sistem filternya bisa kita aktif kan ataudi non aktifkan, jadi anda bisa
membuka situs yang diblokir.
Kekurangan :
1.
Tidak dapat berhitung.
2.
Fiturnya tidak lengkap.
3.
Bing.com kurang di minati oleh pengguna.
4.
Bing.com kurang cepat dalam pencariannya.
Sejarah : Microsoft telah memproduksi
tiga mesin pencari sebelum Bing, yakni MSN Search, Windows Live Search, dan
Live Search. Namun sayangnya menurut Microsoft ini, kinerja ketiga mesin
pencari ini kurang maksimal dalam menarik pengguna sehingga belum mampu
menggeser kedudukan Google Search sebagai penguasa mesin pencari di dunia
Internet. Kegagalan ketiga mesin pencari sebelum Bing ini, tidak mematahkan
semangat Microsoft untuk terus menerus berinovasi dengan mencoba untuk
mengevaluasi dan menganalisis kelemahan-kelemahan yang ada pada ketiga mesin
pencari sebelum Bing tersebut. Selain itu, Microsoft juga menganalisis
kelemahan-kelemahan yang dimiliki oleh mesin pencari pesaing, terutama Google
Search dan Yahoo Search. Setelah melalui segala bentuk usaha di atas, Microsoft
berusaha memperbaiki dan mengaplikasikannya pada produk mesin pencari terbaru,
yaitu Bing. Sejarah terciptanya Bing pada prinsipnya tidak terlepas dari tiga
mesin pencari produksi Microsoft sebelumnya. Secara historis dapat dikemukakan
bahwa terciptanya Bing dimulai dari MSN Search sampai Windows Live Search lalu
Live Search.
7. Web Crawler
Website : www.webcrawler.com
Penjelasan : Web crawler adalah suatu
program atau script otomatis yang relatif simple, yang menggunakan metode
tertentu untuk melakukan scan atau “crawl” ke semua halaman-halaman Internet
untuk membuat index dari data yang dicarinya. Sebutan/julukan lain untuk web
crawl adalah web spider, web robot, bot, crawl dan automatic indexer.
Kelebihan :
1. Suatu program atau script otomatis yang relatif simple
2. Dapat digunakan untuk beragam tujuan. Penggunaan yang paling umum adalah
yang terkait atau berhubungan langsung
dengan search engine
Kekurangan :
1. Beroperasi hanya sekali, misalnya untuk suatu projek yang hanya sekali
jalan
8. LookSmart
Website : www.looksmart.com
Penjelasan : Looksmart adalah sebuah
perusahaan periklanan online yang berbasis di San Francisco. Looksmart
menyediakan produk iklan pencarian dan layanan kepada pengiklan teks, serta
ditargetkan bayar per klik pencarian dan iklan kontekstual melalui Jaringan
Iklan yang Cari.
Kelebihan :
1. Menyediakan produk iklan pencarian dan
layanan kepada pengiklan teks
Kekurangan :
1. Bukan situs web yang gratis
9. Wisenut
Website : www.wisenut.com
Penjelasan : Wisenut adalah berbasis
crawler mesin pencari yang dimiliki oleh Looksmart.Wisenut diperkenalkan
database segar dan hits relevan. Tidak seperti mesin pencari lainnya, Wisenut
tidak cache halaman. Wisenut ditutup untuk selamanya pada tanggal 28 September
2007.
Kelebihan :
1. Situs yang ditampung oleh database ini
sekitar 579 juta buah
2. Bebas dari banner iklan dan aneka
image yang memberatkan
3. Menyediakan form isian untuk mencari
database yang diinginkan
4. Adanya pemfilteran terhadap
situs-situs pornografi
Kekurangan :
1. Tidak ada Bahasa Indonesia-nya
0 komentar:
Posting Komentar