Animated Dragonica Star Glove Pointer

Blogroll

Senin, 14 Mei 2018

JENIS JENIS KONEKSI INTERNET


1. DIAL-UP (ANALOG 56KB) / ISDN (INTEGRATED SERVICE DIGITAL NETWORK)
Kalau anda hidup di tahun 90an, mungkin anda pernah menggunakan koneksi internet jenis ini. Koneksi dengan dial-up itu lelet, tapi memang murah. Modem yang anda miliki akan terkoneksi ke internet setelah komputer anda memutar sebuah nomer telepon.


Bunyinya cukup khas ketika komputer menghubungi sebuah nomer, “tatitutitatitut..” Sinyal analog kemudian akan dikonversi menjadi digital pada modem, yang setelah itu dikirim melalui jaringan telepon publik.
Kecepatan pada koneksi ini tidak stabil, dan lebih sering leletnya. Gangguan pada koneksi ini juga cukup besar, dan ini akan mempengaruhi kecepatan internet anda. Kecepatannya berkisar antara 28-56K, duh lelet banget. Ketika anda menggunakan internet dengan koneksi ini, anda tidak dapat menggunakan telpon rumah anda.

2. DSL (DIGITAL SUBSRIBER LINE)
Sedikit berbeda dengan koneksi dial-up, DSL menggunakan 2 jalur sehingga jaringan telepon anda tidak akan terganggu dan tetap bisa dipakai. DSL kelebihannya adalah selalu terkoneksi, berarti komputer anda tidak perlu lagi memutar sebuah nomer untuk terkoneksi ke internet.


Ini berarti tidak ada bunyi bunyi berisik seperti pada koneksi dial-up. Kecepatannya juga jauh diatas koneksi dial-up, yaitu berkisar antara 128K Hingga 8Mbps

3. KABEL TV
Anda pasti pernah dengar dong TV kabel? Internet kabel adalah koneksi internet yang menggunakan jalur TV kabel tersebut. Kabel tembaga untuk siaran TV luar seperti HBO, ESPN dan lain-lain.

Koneksi ini jauh lebih cepat dari koneksi DSL, apalagi dial-up. Karena bandwidth yang dapat ditampung lebih besar. Kecepatan yang diberikan mulai dari 512K hingga 2Mbps.

4. SATELIT
Internet Satelit merupakan salah satu jenis koneksi internet yang cukup berkembang di Indonesia. Koneksi jenis ini menggunakan satelit sebagai jalur komunikasi. Data digital dikonversi menjadi analog dengan menggunakan modem satelit, lalu dikirimkan kepada satelit dengan menggunakan antena VSAT. Antena yang berbentuk parabola.


Kalau anda tertarik, silahkan anda baca artikel tentang internet satelit dan VSAT. Kecepatan yang diberikan mulai dari 512K hingga 2Mbps. Tidak terlalu cepat, dan rentan terhadap cuaca. Namun Jangkauannya sangat luas, sehingga tidak perlu tarik-tarik kabel bila anda berada di tempat terpencil.

5. FIBER OPTIK
Fiber optik menggunakan helaian serat kaca sebagai medium pemancar gelombang cahaya. Gelombang cahaya sendiri dapat memancar dengan kecepatan 300.000.000 meter per detik. Inilah rajanya koneksi internet sampai pada hari ini.


Kecepatan yang diberikan bisa sampai 1 Gbps, bahkan lebih. Bandwidth fiber optik juga merupakan yang terbesar diantara jenis koneksi yang lain. Kalau anda tertarik silahkan dibaca artikel tentang apa itu fiber optik.

6. SELULAR
Teknologi selular memberikan akses internet pada telepon genggam. Kecepatannya tergantung dari provider yang digunakan, namun umumnya kecepatan koneksi ini adalah kecepatan 3G dan 4G.

Teknologi 3G dapat memberikan kecepatan hingga 2Mbps. Sedangkan 4G bisa sampai 100Mbps, namun karena masih dalam perkembangan 4G hanya mampu memberikan sebatas 21Mbps saat ini.

Itulah beberapa jenis koneksi internet yang mungkin anda sudah pernah gunakan. Tergantung dari kebutuhan anda, serta dimana anda tinggal, koneksi yang anda perlukan sudah jelas akan berbeda.

Contohnya orang yang hidup di pedalaman, atau di pulau terpencil akan sangat merasakan manfaat internet satelit.

Sedangkan orang yang tinggal di perkotaan dapat menikmati koneksi ngebut fiber optik dan 4G. Yang jelas, rasanya sudah hampir tidak ada orang yang masih menggunakan dial-up karena sangat lelet.

0 komentar:

Posting Komentar